Minggu, 13 Desember 2009

MENGELOLA USAHA PEMASARAN TOTAL

MENGELOLA USAHA PEMASARAN TOTAL
Kecenderungan dalam organisasi perusahaan
Tanggapan Utama Perusahaan bisnis terhadap lingkungan yang cepat itu berubah mencakup :
Rekayasa Ulang (reenginering).
Pemanfaatan sumber luas (outsourcing).
Mencontoh Perusahaan lain (benchmarking)
Keeratan dengan pemasok (supplier partnering)
Keeratan dengan pelanggan (customer partnering)
Merging.
Globalizing.
Pengorganisasian secara flat ( flattening)
Focusing.
Pemberdayaan (empowering)
Organisasi pemasaran
Evolusi Departemen Pemasaran
Tahap 1 : Departemen Penjualan Sederhana
Tahap 2 : Departemen Penjualan dengan tambahan fungsi pemasaran.
Tahap 3 : Departemen Pemasaran Terpisah
Tahap 4 : Departemen Pemasaran Modern
Tahap 5 : Perusahaan Yang Pemasarannya yang Efektif
Tahap 6 : Perusahaan Berdasarkan Proses-dan –hasil
Mengorganisasi Departemen Pemasaran
Organisasi Fungsional
Bentuk organisasi pemasaran yang paling umum terdiri dari para spesialis pemasaran fungsional yang melapor kepada wakil presiden pemasaran yang mengkoordinasikan kegiatan para spealis
Organisasi Geografis
Perusahaan yang menjual dalam pasar nasional sering mengorganisasikan
Organisasi Manajemen Produk
Ada tiga jenis struktur tim produk dalam manajemen produk yaitu :
Tim Produk fertikal
Tim Produk Segi tiga.
Tim produk horisontal
Organisasi Manajemen Pasar
Organisasi Manajemen produk/manajemen-Pasar.
Organisasi Koperasi/Divisional
Staf pemasaran korporasi mengikuti salah satu dari tiga model ini :
Tidak ada pemasaran korporasi.
Pemasaran korporasi moderat.
Pemasaran korporasi kuat
Hubungan Departemen Pemasaran dengan Departemen-Departemen lain
Litbang
Rekayasa.
Pembelian.
Manufaktur
Operasi.
Strategi untuk Membangu Orientasi Pemasaran Keseluruh Perusahaan
Langkah apoa yang harus diambil CEO untuk menciptakan perusahaan yang berfokus pada pasar dan pelanggan?
Menyakinkan tim manajemen akan perlunya berfokus pada pelanggan.
Mengangkat seorang pejabat pemasaran senior dan satuan tugas pemasaran.
Mendapatkan bantuan dan petunjuk dari luar.
Mengubah sistem dan pengukuran imbalan perusahaan.
Memperkerjakan orang-orang pemasaran yang sangat berbakat.
Mengembangkan program pelatihan pemasaran in-House.
Memasang sistem perencanaan pemasaran modern.
Membentuk program penghargaan prestasi pemasaran tahunan.
Mempertimbangkan untuk melakukan reorganisasi dari perusahaan yang terpusat pada produk keperusahaan yang terpusat dari pasar.
Berpindah dari fokus departemen ke fokus proses.hasil.
Penerapan pemasaran
Penerapan pemasaran adalah proses yang mengubah rencana pemasaran menjadi penugasan tidakan dan mamastikan bahwa penugasan tersebut dilaksanakan dengan cara yang akan mencapai tujuan yang telah dinyatakan oleh rencana tersebut.
Empat keahlian yang behubungan dengan penerapan program pemasaran yang efektif :
Keahlian dalam mendiagnosis
Identifikasi level perusahaan.
Keahlian dalam implementasi.
Keahlian dalam mengevaluasi
Evaluasi dan pengendalian



Pengendalian Rencana Tahunan
Tujuan pengendalian rencana tahunan adalah untuk memastikan bahwa perusahaan mencapai sasaran penjualan, laba, dan sasaran-sasaran lain yang ditetapkan dalam rencana tahunannya.
Analisis Penjualan
Analisis Pangsa Pasar.
Analisis Biaya Pemasaran.
Analisis Keuangan
Analisis Kartu Nilai Berdasarkan Pasar.
Pengendalian Profitabilitas
Metodologi Analisis Profitabilitas Pemasaran
Langkah 1. Mengidentifikasi biaya-biaya fungsional.
Langkah 2. Mangalokasikan biaya-biaya fungsional ke entitas pemasaran
Langkah 3. Menyiapkan laporan laba-rugi untuk masing-masing entitas pemasaran.
Menentukan tindakan korektif terbaik
Biaya langsung versus Biaya Penuh.
Tiga jenis biaya harus dibedakan :
Biaya langsung.
Biaya umum yang terlacak.
Biaya umum yang tak terlacak
Pengendalian Efisiensi
Efisiensi wiraniaga
Efisiensi iklan.
Efisiensi promosi penjualan
Efisiensi distribusi.
Pengendalian Strategis
Penelaahan Efektifitas pemasaran.
Audit Pemasaran
Audit pemasaran adalah pengujian yang komprehensif, sistematik, independen, dan periodik atas lingkungan, tujuan, strategi, dan aktifitas pemasaran suatu perusahaan atau unit bisnis dengan maksud untuk menentukan bidang masalah dan peluang serta untuk mengusulkan rencana aksi guna memperbaiki kinerja pemasaran perusahaan.
Empat karakteristik audi pemasaran :
Komprehensif
Sistematik.
Independen.
Periodik.
Penelaahan keandalan pemasaran.
Penelaahan Etika dan Tanggung Jawab Sosial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Latihan Ngeblog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute