Jumat, 03 April 2009

Beasiswa BBM Bagi Mahasiswa

Republika (28/5) - Pemerintah akan memberikan beasiswa kepada 400ribu mahasiswa tidak mampu, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) sebesar Rp500,000 per semester itu merupakan bagian dari kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

“Beasiswa akan diberikan mulai semester ganjil 2008 atau sekitar Juli. Untuk dua semester selanjutnya akan diusulkan ke DPR,”kata Menko Kesra, Aburizal Bakrie, usai rapat kabinet di kantor presiden di Jakarta (27/5)

Mendiknas, Bambang Sudibyo menjelaskan, pemberian beasiswa ini dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat adanya asimetri dalam subsidi pendidikan. Untuk wajib belajar sembilan tahun sudah ada biaya operasional sekolah (BOS) dan sekolah menengah ada bantuan khusus murid. “Tapi mahasiswa tidak ada.” Padahal, kenaikan harga BBM turut mempengaruhi biaya hidup mahasiswa. “Presiden meminta Menkeu memindahkan dana dari pos subsidi BBM ke beasiswa atau BKM ini,” kata Bambang.

Jumlah 400ribu mahasiswa itu, lanjutnya, mewakili 8-11 persen mahasiswa aktif di Indonesia. “Saat ini total ada 83 perguruan tinggi negeri dan 2700-an swasta.”

NB: Untuk informasi lebih lanjut ada baiknya hubungi pihak rektorat kampus masing-masing atau departemen pendidikan nasional di daerah masing-masing.


Disclaimer: Seluruh konten dari situs ini diambil dari berbagai sumber diantaranya media massa, lembaga atau yayasan pemberi beasiswa, universitas dalam dan luar negeri. Kami tidak memiliki hubungan langsung dan tidak langsung dengan lembaga atau universitas tersebut. Seluruh isi diluar tanggung jawab kami. Situs ini sebatas menyebarluaskan informasi beasiswa untuk Anda. Terima kasih.
Infobeasiswa.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Ngeblog © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute